Pendidikan

Kadisdik Purwakarta Usulkan Integritas antar Kabupaten dan Propinsi Agar PMO Bisa Optimal

Tujuhsatu.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd beberapa waktu lalu mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Percepatan Pelaksana Program 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 20 s.d.22 September 2023 bertempat di Hotel Grand Zuri Malioboro Yogyakarta dan dihadiri oleh 27 Kadisdik kabupaten/kota di Jawa Barat.

Rakor yang memiliki tema ““Jabar Beraksi Mewujudkan Sekolah Transformasi” dibuka secara resmi oleh Kepala BBPMP Jawa Barat Dra. Sri Wahyuningsih M.Pd. Dalam sambutannya, Sri menyampaikan bahwa komunikasi di daerah harus di optimalkan melalui maksimalisasi komunikasi BBPMP Jawa Barat dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Selain itu masih menurut Sri. Tujuan diselenggarakannya rakor tersebut untuk mempererat kerjasama, komunikasi dan mempercepat pertukaran praktik baik pelaksanaan kebijakan merdeka belajar antar daerah. Ke depannya, ajang silaturahmi ini direncanakan akan diadakan sekali dalam setahun.

Baca Juga :  Halal bihalal dikemas dalam bentuk silatuhrahim bersama Guru Guru Raudatul Athfal (RA) Kota Medan dan Pengurus Group Bina Kreatif Seni Anak (GBKSA) Kota Medan

Hal-hal yang dibahas dalam rakor tersebut terkait dengan kebijakan merdeka belajar yang merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan capaian-capaian yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan seperti akun belajar.id, program sekolah penggerak, program guru penggerak, raport pendidikan, PPDB dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  IKA UPI Purwakarta Gelar Kongres II, Purwanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi dalam rangka mencari solusi dan strategi terhadap permasalahan yang ditimbulkan dan memitigasi permasalahan yang terjadi.

Purwanto mengusulkan agar kegiatan Project Management Office (PMO) yang sudah terlaksana secara rutin oleh BBPMP bisa dioptimalkan melalui integrasi antar PMO Kabupaten dan PMO Dinas Pendidikan Propinsi melalui Kantor Cabang Dinas (KCD) sehingga diharapkan bisa bersinergi secara bersama-sama dalam rangka meningkatkan indikator kebijakan pendidikan terutama di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga :  Kadisdik Launching Metode Annadzomi untuk Pembelajaran Kitab Kuning di SDN 1 Nagrikidul

Purwanto juga mengusulkan perlu adanya apresiasi yang dilaksanakan secara reguler oleh kementrian pendidikan terhadap kabupaten/kota yang sukses meningkatkan mutu pendidikan bagi daerahnya. (MH/Red.)

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!