Pendidikan

SDN 1 Kutamanah Tanamkan Akhlaq Dan Pohon Untuk Generasi Dan Alam

Tujuhsatu.com – Dampak kemarau begitu terasa, menjadikan sarana kebutuhan air tidak lancar seperti biasa, sebagai kebutuhan pokok yang tak dapat ditunda keberadaanya.

Solusi mesti dicari dan segera di lakukan, agar kejadian serupa tak menjadi seolah tradisi yang akan terus berulang, sebab air akan terus jatuh dari langit meskipun musiman, dan tugas kita bersama untuk bagaimana air dapat tersimpan, dengan cara melakukan menanam pepohonan.

“Daerah dataran tinggi Seperti disini (kutamanah Sukasari), memang masalah utama adalah air, yang perlu segera dicarikan solusi, agar kebutuhan air kedepan bisa lebih baik lagi”. Harap Pipih Setiawat, kepala SDN 1 Kutamanah Sukasari, Kamis (31/8) pagi.

Pun demikian Pipih menilai jika tantangan kedepan generasi penerus bangsa adalah persoalan moral dan akhlak yang harus dipersiapkan agar menjadi penerus bangsa yang dapat dibanggakan.

Baca Juga :  Ramadhan SMPN 1 Sukatani Teori Dan Praktek Bersamaan

“Yang sangat Kami sangat khawatirkan itu moral akhlaq generasi penerus bangsa yang saat ini kita semua tahu seperti apa keadaannya, itu menjadi perhatian serius kami agar kita lebih sungguh-sungguh mempersiapkan generasi penerus bangsa ini dengan menanamkan karakter yang kuat, akhlak yang baik agar bangsa ini memiliki generasi bangsa yang dapat dibanggakan” Jelasnya.

“Untuk dapat merealisasikan harapan tentang moral dan akhlaq, lanjut Bu Pipih, kami membiasakan setiap harinya itu dengan bagaimana anak-anak itu harus bersikap kepada orang tua, kepada guru kepada sesama dan bagaimana mereka harus bersikap di lingkungannya” tandasnya.

Baca Juga :  IKA UPI Purwakarta Gelar Kongres II, Purwanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua

Pipih juga mengajak kepada semua termasuk guru agar bagaimana bersikap terhadap alam agar Alam juga bijak terhadap kita.

“Kita ini kan hidup di alam dan alam itu perlu dijaga, dilestarikan, jangan malah dirusak. Jangan hanya menempatinya, tetapi juga harus bagaimana supaya alam bijak terhadap kita”. Pungkasnya.

Dalam penelusuran yang media lakukan, SDN 1 Kutamanah termasuk sekolah yang terus menjaga kelestarian lingkungan sekolah dengan menanam sejumlah pohon dilingkungan sekolah. Beberapa pohon seperti mangga, jambu, terlihat tumbuh subur di halaman sekolah,dibawah pohon terlihat para peserta didik dengan senangnya melakukan aktivitas membaca, bermain yang membuktikan jika udara sejuk, nyaman, dapat memberikan suasana semangat dalam beraktivitas.

Baca Juga :  Polres Purwakarta Lakukan Pengamanan Napak Tilas Hari Jadi Purwakarta

Diketahui juga bahwa SD Negeri 1 Kutamanah berhasil meraih sejumlah prestasi diantaranya;

Tahun Ajaran 2021/2022 :
1. Juara 1 LCC (Lomba Cerdas Cermat) Pentas PAI Tingkat Kecamatan Sukasari
2. Juara 1 Ngadongeng Pada Lomba Sirung Sunda Tingkat Kecamatan Sukasari

Tahun Ajaran 2022/2023 :
1. Juara 1 Seni Tari Pada Lomba FLS2N Tingkat Kecamatan Sukasari
2. Juara 1 Menyanyi Solo Pada Lomba FLS2N Tingkat Kecamatan Sukasari
3. Juara 1 Pupuh Putra Pada Sirung Sunda Tingkat Kecamatan Sukasari
4. Juara 1 Hifdzil Quran Pada Pentas PAI Tingkat Kecamatan Sukasari
5. Juara 1 Kids Atletik Pada Lomba O2SN Tingkat Kecamatan Sukasari.
6. Juara 3 festival kaulinan barudak TK.Kab. Purwakarta tahun 2023. (MDI/Red)

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!