DaerahNasionalPendidikan

Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Strategi Penguatan Produk UMKM Di Desa Ciparungsari Rambutan Naik Kelas BISA!!!

Klik Untuk Mendengarkan Berita

Purwakarta,Tujuhsatu.com – Mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta kelompok 7 yang bertugas di Desa Ciparungsari Kecamatan Cibatu, mengadakan kegiatan Seminar UMKM pada hari Minggu, 04 Februari 2024, dengan tema Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Strategi Penguatan Produk UMKM, dengan jargon Rambutan Naik Kelas BISA!. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi, wawasan dan kreativitas warga Desa Ciparungsari terutama bagi seorang wirausaha atau UMKM.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Desa Ciparungsari yang terdiri dari aparatur desa, karang taruna, warga yang memiliki usaha dan panitia dari mahasiswa KKN kelompok 7. Adapun kegiatan seminar yang dilaksanakan selain dari seminar UMKM, terdapat beberapa kegiatan diantaranya pendaftaran NIB, pendaftaran sertifikasi halal dan pembuatan logo gratis.
Dwi Rosalinda, selaku ketua pelaksana menyampaikan rasa syukur, atas terselenggaranya kegiatan seminar ini serta harapan dan ucapan terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam acara ini.
“Alhamdulillah atas berkat Rahmat Allah SWT, saya bersyukur atas terselenggaranya kegiatan seminar ini, karena ini merupakan wujud kepedulian kami kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, motivasi serta kreativitas UMKM khususnya di Desa Ciparungsari. Dalam seminar ini, kita akan mendiskusikan bagaimana strategi pemasaran produk UMKM, strategi penguatan produk UMKM, serta menggali wawasan agar mendapatkan berbagai ide yang inovatif untuk mengembangkan produk UMKM. Serta saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini, terutama kepada pembicara, pengurus, segenap panitia, serta seluruh peserta yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir di acara ini. Semoga seminar ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses” begitu ujarnya.
Selain itu, benefit yang diterima oleh peserta seminar selain dari ilmu, mereka juga mendapatkan konsumsi, gift bagi audiens yang bertanya serta sertifikat mengikuti seminar. Adapun narasumber yang berbicara di seminar kali ini yaitu bernama Salman Al-Farisi atau lebih akrab dibilang Kang Salman. Beliau merupakan Founder & CEO CV Nufaris Purwakarta. Selain itu, beliau sebagai pemateri juga merasa senang berbagi ilmu dengan masyarakat Ciparungsari.
“Saya sangat senang berbagi ilmu di Desa Ciparungsari. Desa ini banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan salah satunya rambutan. Rambutan ini jika di olah dan dikemas dengan baik maka akan menghasilkan nilai jual yang tinggi. Dengan teknologi yang telah berkembang pada saat ini, banyak sekali kemudahan yang didapatkan. Salah satu yang dikenal adalah AI. Dengan AI ini para wirausaha bisa dengan mudah mencari ide bahkan logo yang menarik sebagai referensi” jelas Kang Salman.

Baca Juga :  Rutan Labuhan Deli Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw 1445 H / 2024 M

Saat seminar berlangsung, terdapat sesi Q&A, salah satu dari penanya tersebut yaitu Bapak Unang sebagai Ketua RW 01 di Desa Ciparungsari. Selain dari pertanyaan yang diajukan ia pun merasa senang dan puas atas seminar yang diadakan oleh mahasiswa KKN dari kelompok 07 di Desa Ciparungsari.
“Perkenalkan saya Unang dari RW 01 Desa Ciparungsari, saya sangat senang dengan diadakannya seminar tentang Rambutan Naik Kelas ini, karena ini sangat sesuai dengan kondisi di lingkungan Ciparungsari. Hal ini dilihat dari banyaknya pohon rambutan yang hampir dimiliki oleh setiap warga di Desa Ciparungsari. Dengan ini pikiran kami selaku masyarakat menjadi terbuka dengan adanya rambutan dapat menjadi peluang usaha dengan inovasi dan dobrakan yang baru apalagi bagi warga yang memiliki pohon rambutan itu sendiri” begitu ujarnya.
Panitia sebagai penyelenggara pun banyak mendapat ilmu dan wawasan baru terkait dengan UMKM serta wawasan mengenai strategi yang tepat dalam pengembangan produk dari hasil UMKM.

Baca Juga :  Praperadilan Asmah: Hakim Putuskan Penetapan Tersangka Tidak Sah

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!