Pendidikan

84 Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Purwakarta Unjuk Kreativitas di Festival Panen Hasil Belajar

Purwakarta _ tujuhsatu.com _ (10/07/2023) Panen Karya Lokakarya 7 CGP Angkatan 7 Kabupaten Purwakarta digelar secara meriah pada hari sabtu , 8 Juli 2023 bertempat di Aula Mandalawangi SKB Purwakarta. Calon Guru Penggerak (CGP) Kabupaten Purwakarta yang berjumlah 84 orang hadir didampingi oleh 12 orang Pengajar Praktik. Hasil karya para CGP tersebut dipamerkan di dalam stand-stand yang telah disiapkan di dalam aula dan mereka membuat semenarik mungkin standnya masing-masing.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Rahmat Heriansyah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto beserta para jajaran pejabat dinas, perwakilan dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Propinsi Jawa Barat dan para tamu undangan yang hadir untuk melihat langsung panen karya yang merupakan hasil kerja keras para CGP selama 6 bulan mengikuti kegiatan lokakarya 7.

Baca Juga :  Wakapolres Purwakarta Hadiri Riung Mumpulung dengan Para Perintis Kemerdekaan

Dr. Agus Mulyadi, M.Pd, pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya 3 BBGP Jawa Barat mengatakan bahwa apa yang sudah didapatkan selama kurang lebih 6 bulan, saatnya di praktikkan dan diterjemahkan kemudian CGP memberikan pelayanan kepada anak didik sesuai dengan membuat sumber belajar yang luar biasa kebutuhan mereka bukan dari apa yang CGP bisa.

Kadisdik Purwakarta, H. Purwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa perjuangan dan kerja keras yang dilakukan oleh para calon guru penggerak selama 6 bulan melalui seleksi baik, karena potensi maupun jalan yang diberikan Allah SWT harus ada investasi yang ditanamkan kepada para anak didik, sekolah maupun lingkungannya. Apa yang sudah mereka dapatkan harus dikembalikan dan dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan di Purwakarta.

Baca Juga :  Disdik Purwakarta Apresiasi Guru Penggerak Berprestasi

“Guru penggerak jangan sampai lupa falsafahnya, bagaimana memberikan supervisi pembelajaran, konseling dan bagaimana cara memimpin kelas, sekolah dan melakukan perubahan dan transformasi kelas. Guru penggerak jika tidak melakukan perubahan aritnya tidak bergerak dan menyia-nyiakan apa yang sudah negara berikan kepada mereka” ujar Purwanto dalam sambutannya.

Purwanto juga berharap guru penggerak melakukan perubahan tidak hanya di kelas, di sekolah tetapi juga bagi Kabupaten Purwakarta. Bahwa yang dipelajari selama 6 bulan harus bisa melahirkan perubahan-perubahan yang berarti untuk pendidikan dan menemukan momentum kemajuan di Kabupaten Purwakarta.

Rahmat Heriansyah, Asda Bidang Pemerintahan dalam sambutannya mengharapkan guru penggerak dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya mewujudkan pembelajaran yang merdeka dan memerdekakan. Berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara, guru diharapkan mampu menjadi suri tauladan, mampu memotivasi dan menumbuhkan prakarsa perubahan dan selalu mendukung terhadap upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Baca Juga :  SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI MENGADAKAN UPACARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE 78.

Program guru pengerak adalah gagasan Kemendikbudristek dalam rangkaian Program Merdeka Belajar untuk membentuk seorang tenaga pendidik menjadi pemimpin pembelajaran Abad 21. Kegiatan publikasi panen karya merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak.

Panen karya adalah inovasi dan kreativitas guru penggerak yang telah dilaksanakan dan akan dikembangkan di sekolah-sekolah mereka dan mereka nantinya akan melakukan harus membuat inovasi-inovasi baru lainnya. Yang ditampilkan di stand-stand panen raya CGP Angkatan 7 Kabupaten Purwakarta antara lain hasil dari kesepakatan kelas, budaya positif, kegiatan P5, Kegiatan ekstrakurikuler, KSE, proses pembelajaran di kelas serta literasi berupa buku kumpulan puisi, artikel dan esai. (MH/Red.)

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!