TNI - POLRI

Wujud Sinergitas Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Plered Lakukan Patroli Bersama

PURWAKARTA – Tujuhsatu.com- Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah, Personel gabungan TNI dan Polri di Kecamatan Plered serta Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, menggelar patroli bersama.

Hal ini dilakukan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta pelayanan kepada masyarakat dipandang perlu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho mengatakan, kegiatan patroli bersama dalam wujud sinergitas TNI dan Polri di wilayah Hukum Polsek Plered.

“Patroli gabungan itu kami laksanakan untuk memaksimalkan situasi Kamtibmas dan dalam rangka monitoring situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Plered dan Tegalwaru agar selalu aman dan kondusif,” ujar Ali, pada Jumat, 14 Juli 2023.

Ia menyebut, tim gabungan yang melaksanakan patroli bersama diantaranya yaitu personel TNI Babinsa dari Koramil 1902/ Plered, Kodim 0619/Purwakarta dan personel Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat.

“Patroli yang dilakukan disejumlah titik wilayah Hukum Polsek Plered seperti tempat tempat keramaian/masyarakat berkumpul, dan terutama pada objek vital, seperti lokasi perbankan, pusat perbelanjaan, rumah ibadah dan tepat strategis lainnya,” Ungkap Ali

Kapolsek menambahkan, petugas gabungan juga melakukan interaksi dan berbincang dengan sejumlah warga saat melaksanakan patroli. Dari hasil patroli wilayah Hukum Polsek Plered aman dan kondusif, meskipun demikian petugas selalu meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga :  Kapolda Lampung, Audiensi dengan Rektor Universitas Lampung

“Dengan kehadiran petugas POLRI dan TNI ditengah-tengah masyarakat melakukan patroli bersama bertujuan sebagai tindakan preventif, selain itu juga sebagai sarana menyampaikan pesan dan himbauan kamtibmas, dengan melaksanakan patroli siang dan malam hari , setidaknya dapat mencegah para pelaku tindak kejahatan yang akan melakukan aksinya. Secara umum situasi keamanan di Kecamatan Plered dan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta aman kondusif,” ungkap AKP Ali Murtadho.
[14.51, 14/7/2023] A Jamil: Cegah Aksi Kriminal, Personel Polsek Plered Rutin Lakukan Patroli Di Sepanjang Jalur KCJB

PURWAKARTA – Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat berpatroli secara Intens di sekitar jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Patroli tersebut menyusul tahapan testing dan commissioning KCJB yang diproyeksikan beroperasi Agustus 2023 mendatang.

Untuk pengamanan, aparat kepolisian melakukan patroli pada siang dan malam hari di sekitar jalur rel yang menjadi area proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung salah satunya di wilayah hukum Polsek Plered.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho mengaku telah mengarahkan anggotanya untuk berpatroli ke lokasi proyek kereta cepat yang ada di wilayah hukum Polsek Plered.

Baca Juga :  Lapor Jenderal, Bandar Judi ikan66 Di Wilkum Tuntungan - Sunggal - Polrestabes Medan Merdeka!!

“Patroli di lokasi proyek kereta api cepat itu tidak hanya dilakukan pada siang hari, tapi juga dilaksanakan pada malam hari,” ujar Ali, Pada Jumat, 14 Juli 2023.

Ali menambah, Patroli dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindak pidana kriminal yang terjadi seperti pencurian, perkelahian, dan lain sebagainya.

Selain itu, personel yang diterjunkan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang dilintasi jalur KCJB. Para personel pun diminta untuk waspada terhadap pencurian walaupun sifatnya kecil, seperti baut ataupun kabel serta tembaga.

“Jika hilang dapat berdampak besar, akibatnya sangat berbahaya, mengakibatkan kecelakaan kereta. Sosialisasi terkait KCJB diberikan kepada masyarakat sekitar jalur yang dilintasi untuk ikut menjaga sarana dan prasarana salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) demi kemajuan Indonesia,” ucap Ali.

Kemudian, kata Kapolsek, pihaknya juga mengimbau masyarakat, pemuda, anak-anak yang tinggal di dekat jalur KCJB mulai saat ini dilarang untuk bermain layang-layang. Mengingat aktivitas tersebut bisa mengganggu kelancaran perjalanan kereta cepat.

“Masyarakat pun diimbau tidak menerbangkan drone di sekitar jalur KCJB. Tujuan dilakukannya patroli itu antara lain agar area proyek KCJB tetap aman, kondusif, dan terhindar dari aksi kriminalitas salah satunya pencurian material seperti baut dan kabel tembaga,” Ungkap Ali.

Baca Juga :  Sambil Patroli, Satpolairud Polres Purwakarta Berbagi Dengan Masyarakat

Sementara, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo, mengatakan Polda Jabar mengerahkan 245 personel yang berasal dari Polrestabes Bandung 53 personel, Polresta Bandung 40 personel, Polres Cimahi 39 personel, Polres Purwakarta 53 personel, dan Polres Karawang 60 Personel. Mereka disebar di 39 titik rawan jalur KCJB di Jabar.

“Anggota yang bertugas pun melakukan pemasangan spanduk, membagikan selebaran, Poster untuk tidak melakukan kriminalitas pencurian aset KCJB dan sabotase karena akan dijerat pidana,” Tegas Ibrahim.

Diingatkan pula pada kesempatan tersebut, lanjut Ibrahim, agar security lebih ketat dan selektif, di mana yang bukan merupakan pekerja ataupun otoritas proyek tidak dapat masuk dengan sembarangan

“Saat ini sudah terpasang tembok penghalang yang cukup baik dan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan aktivitas atau kegiatan masyarakat yang bermain layang-layang di jalur kereta cepat,” ujarnya.

Tak lupa, Ibrahim mengimbau dan mengedukasi kepada warga masyarakat yang tinggal dijalur dilintasi KCJB tentang hal-hal keselamatan yang diperhatikan.

“Hal-hal yang dilarang serta menginformasikan Bahwa seluruh jaringan OCS Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 KV menandakan bahwa masyarakat harus berhati-hati jika beraktivitas di sekitar Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung karena dapat tersengat listrik tegangan tinggi,” imbau Ibrahim.

Berita Terkait

Back to top button
Don`t copy text!