TNI - POLRI

Sinergitas TNI-Polri, Satlantas Polres Purwakarta Adakan Safety Riding di Yon Armed 9 Pasopati Kostrad

Klik Untuk Mendengarkan Berita

PURWAKARTA – Tujuhsatu.com – Tingkatkan sinergitas dan kerjasama di bidang lalulintas, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Purwakarta melakukan sosialisasi keamanan berkendaraan (safety riding) di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Markas TNI AD yang berlokasi di jalan raya Sadang – Subang, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta itu diikuti anggota dan persit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad.

Dalam kegiatan tersebut, memiliki dua kegiatan yaitu sosialisasi dan praktik berkendara yang baik, benar, aman, serta memperhatikan keselamatan.

Praktik berkendara yang dilakukan oleh para anggota dan Persit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad ini, sama seperti hendak membuat surat izin mengemudi (SIM) C.

Satlantas Polres Purwakarta sudah menyiapkan rute dan kendaraan sepeda motor untuk ujian praktik langsung.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Warjo mengatakan, tujuan dilakukannya sosialisasi keamanan berkendaraan kepada anggota Persit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad adalah untuk memberi pemahaman, bahwa keselamatan lalulintas itu sangat penting dan harus dipatuhi.

Baca Juga :  Nyamannya Ruang Publik Pelayanan Lalu Lintas Polda Sumut

“Sosialisasi ini tujuannya adalah agar rekan-rekan di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad memahami keselamatan lalulintas itu penting. Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa meningkatkan sinergitas dan kerjasama di bidang lalulintas,” Ucap Warjo.

Ia menyebut, dalam berkendara juga ada beberapa hal yang paling penting harus diperhatikan baik itu dalam berkendara roda 4 (Empat) maupun dalam berkendara roda 2 (Dua), yaitu kelengkapan-kelengkapan administrasi berupa surat-surat kendaraan bermotor yakni SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan lainnya yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),”

“Kami menyampaikan pemahaman tentang safety riding agar bisa berkendara yang baik, aman dan berkeselamatan. Awalnya kami berikan teori terlebih dahulu, sesi tanya jawab, kemudian langsung praktik di lapangan,” jelas Warjo.

Terpisah, Komandan Batalyon (Danyon) Armed 9 Pasopati Kostrad, Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi mengaku merasa senang dan bangga dengan adanya safety riding ini, karena lewat kegiatan tersebut menunjukkan sinergritas antara TNI-Polri.

Baca Juga :  Pastikan layak pakai, Rutan Medan lakukan pemeliharaaan dan perawatan senjata api

Selain itu, menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini seluruh anggota TNI dan Persit dapat memahami hukum dan peraturan lalulintas.

“Tujuan dilakukan sosialisasi safety riding adalah sebagai langkah preventif bagi prajurit dan istrinya serta keluarganya agar senantiasa menjaga keselamatan dalam berlaluitas,” Ucap pria yang akrab disapa Dian itu.

Seperti yang diketahui, kata Danyon, bahwa masih banyak terdapat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kurang pahamnya masyarakat terhadap tata cara berlalulintas yang baik dan benar serta selamat.

“Siapapun bisa saja menjadi pelaku maupun korban kecelakaan, minimnya pengetahuan tentang safety riding dan safety driving juga menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu saya mengingatkan kepada seluruh anggota Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dan istrinya untuk selalu taat berlalu lintas,” ujar Dian.

Dirinya berharap, dengan kegiatan ini dapat mendorong seluruh prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad menjadi pelopor sikap santun di jalan raya, dengan menggunakan peralatan keselamatan berkendara dan turut memberikan edukasi kepada keluarga dan rekan serta masyarakat untuk berlalu lintas dengan baik guna menghindari kecelakaan.

Baca Juga :  Jelang HUT Bhayangkara Ke 78, Polres Langkat Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

“Saya sangat berterima kasih kepada Polres Purwakarta karena telah memberikan sosialisasi safety riding serta praktek di lapangan terhadap prajurit dan istri-istri prajurit serta keluarganya. Dengan adanya penyuluhan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan Prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dalam berlalu lintas sehingga menekan angka kecelakaan dan kematian yang disebabkan oleh kelalaian prajurit dalam berkendara,” tutupnya.

Purwakarta, Selasa, 22 Agustus 2023

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!