Daerah

Pj Gubernur Sumut Buka Pra Musrenbang Zona Pantai Barat, Sampaikan Empat Strategi Kembangkan Potensi Daerah

PALUTA  -Tujuhsatu.com. – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyampaikan empat strategi pengembangan potensi daerah Zona Pantai Barat. Sehingga potensi yang berlimpah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pertama; meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), kedua; merevitalisasi sarana dan prasarana produksi yang lebih modern, ketiga; memperkuat kelembagaan ekonomi, dan keempat; peningkatan infrastruktur yang mendukung perekonomian”, kata Hassanudin, saat pembukaan Pra Musrenbang Zona Pantai Barat di Hotel Sapadia, Padanglawas Utara (Paluta), Rabu (31/1).

Pj Gubernur Sumut Hassanudin membuka Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut tahun 2025 untuk Zona Wilayah Pantai Barat di Ballroom Hotel Sapadia, Gunung Tua, Kabupaten Padanglawas Utara, Rabu (31/1/2024). Usai membuka kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sumut juga meninjau beberapa Stan UMKM Kabupaten Padanglawas Utara. (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).
Pj Gubernur Sumut Hassanudin membuka Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut tahun 2025 untuk Zona Wilayah Pantai Barat di Ballroom Hotel Sapadia, Gunung Tua, Kabupaten Padanglawas Utara, Rabu (31/1/2024). Usai membuka kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sumut juga meninjau beberapa Stan UMKM Kabupaten Padanglawas Utara. (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).

Lebih lanjut, Hassanudin memaparkan, berbagai potensi Zona Pantai Barat yang menyumbang produktivitas berbagai sektor Sumut. Di antaranya, sektor perkebunan karet, yang merupakan penyumbang produksi perkebunan rakyat Sumut tertinggi dari Zona Barat yaitu 44%. Disusul perikanan sebesar 28,70%, peternakan sapi sebesar 11,32%.

Baca Juga :  Disdik Purwakarta Adakan Apresiasi Untuk Guru dan Sekolah di Hardiknas 2023

Potensi tersebut, menurutnya, mesti menjadi kekuatan khas yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Untuk itu, perencanaan daerah harus mampu menganalisa potensi, kelemahan dan peluang apa saja yang bisa dilakukan.

“Melalui perencanaan ini, peningkatan perekonomian dapat didorong, kesenjangan pun dapat dihimpit, itulah  tugas kita sebagai pejabat yang melaksanakan pembangunan”, kata Hassanudin.

Hassanudin juga menyampaikan empat isu utama Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 Provinsi Sumut kepada tujuh kepala daerah Zona Pantai Barat. Pertama, pengembangan SDM melalui peningkatan rata-rata lama sekolah dan penguatan peran Posyandu.

Baca Juga :  Panas Terik Matahari, Mahasiswa Cipayung Plus Sumut Deklarasi Dukung Pemilu Damai 2024

Kedua, pertumbuhan ekonomi inklusif dan pemerataan pembangunan dengan peningkatan produktivitas pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan. Ketiga, pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas, terutama peningkatan kemantapan jalan provinsi dan irigasi. Serta keempat, peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Sementara itu, Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur Hasibuan mengharapkan Pemprov Sumut agar terus memberikan perhatian lebih pada daerah Zona Pantai Barat. Dengan cara menyetujui usulan-usulan program pembangunan dari kabupaten/kota Zona Pantai Barat Sumut.

“Kami sampaikan, mohon kiranya usulan kami dapat disetujui dan disahuti Pemprov Sumut, agar kemajuan pembangunan di Zona Pantai Barat dapat bersaing dengan kemajuan di zona lain di Sumut”, kata Rahmat.

Baca Juga :  Minta Kejatisu dan Poldasu Periksa Anggaran Wartawan di Dinas Kominfo Sumut

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan, Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Nasution, Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta, Pj Walikota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut Agus Tripriyono, Kepala Bappelitbang Sumut Hasmirizal Lubis, Kepala BKAD Sumut Ismael Sinaga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, dan OPD Pemprov Sumut lainnya.(Muhammad Muhajir)

Berita Terkait

Back to top button
Don`t copy text!