DaerahNasionalUncategorized

Pemkot Bandarlampung gelontorkan dana ke Perumda Way Rilau Rp35 miliar

 

Bandar Lampung,Tujuhsatu.com.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan melakukan penyertaan modal kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Bersih Way Rilau sebesar Rp35 miliar.

“Penyertaan modal untuk Perumda Way Rilau sebesar Rp35 miliar itu masuk dalam APBD tahun 2023,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) M Ramdhan, di Bandarlampung, Rabu, 25 januari 2023.

Dia mengatakan bahwa penyertaan modal ke Perumda Way Rilau tersebut diperuntukkan untuk operasional perusahaan, perawatan, dan pembelian mesin.

Baca Juga :  Pemkot Bandar Lampung Berangkatkan Umroh 500 Warga

“Jadi penyertaan modal ini bukan untuk membayar gaji karyawan,” kata dia.

Kemudian, Ramdhan mengungkapkan bahwa secara keseluruhan pada tahun 2023 ini pemkot akan menyertakan modal ke enam Badan Usaha Milik daerah (BUMD) sebesar Rp47,5 milyar.

“Penyertaan modal untuk Perumda Way Rilau Rp35 milyar, BPR Waway Rp5 milyar, Bank Syariah Rp2,5 milyar, Bank Lampung Rp3 milyar, PD Pasar Tapis Berseri Rp1 milyar dan PD Kebersihan Tapis Berseri Rp1 milyar,” jelasnya di Pemkot Selasa 24 Januari 2023.

Baca Juga :  3 Wartawan Diusir Sekretaris PUPR, FJP Beri Dukungan Moral Terhadap Wartawan Yang Diusir

Direktur Umum Perumda Air Bersih Way Rilau Toton menjelaskan penyertaan modal sebesar Rp35 milyar itu dari Pemkot sesuai dengan Perda Nomor 2 tahun 2017 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga :  Bersama PLKB, Kapolsek Panjang Berikan Bantuan Kepada Anak Penderita Stunting

Sehingga, lanjut dia, Pemkot Banarlampung pun ikut mendukung proyek KPBU Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Dukungan yang diberikan berupa penyertaan modal pembangunan perpipaan yaitu untuk pipa tersier.

“Jadi, jika penyertaan modal itu turun kita akan bangun pipa di Kecamatan Kedaton, Rajabasa, Labuhan Ratu, Way Halim, Sukarame, Kedamaian dan Tanjung Senang,” kata dia.(HMS)(***).

Berita Terkait

Back to top button
Don`t copy text!