DaerahNasionalPendidikan

Masantren Disakolah, SMPN 5 Purwakarta Sehari Khatam 30 Juz

PurwakartaTujuhsatu.com || Suasana hari kedua Masantren Disakolah terlihat aktivitas di Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri 5) Purwakarta yang padat.

Diawali pagi hari dengan sholat Dhuha, membaca Alqur’an surah pendek di lanjutkan dengan ceramah, membuat lingkungan sekolah bak pesantren.

“Puasa ke 13 kali ini, bertepatan dengan hari kedua kegiatan masantren disakolah sesuai intruksi dinas pendidikan, yang membuat sekolah serasa lebih seperti pesahtren” terang Neneng Patimah, kepala sekolah SMPN 5 Purwakarta, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga :  Tumbuhkan Literasi Melalui Majalah Digital Sekolah SMPN 2 Plered

“Adapun kegiatan, lanjut Neneng, semua diawali dengan sholat Dhuha, membaca surah Pendek dan ceramah yang di isi oleh penceramah dari guru agama sekolah, pesantren dan tokoh masyarakat”, jelasnya.

Setelah ketiga kegiatan pagi tersebut diatas, Neneng menjelaskan jika kegiatan masih terus berlangsung dengan beberapa kegiatan.

Baca Juga :  Purwanto: Kepala Sekolah Harus Ajeg dan Memberikan Layanan Baik pada Masyakarat

“Setelah istrirahat, kita lanjut Tadarus dikelas masing- masing dengan guru pembimbing, kemudian juga ada Materi aqidah , akhlaq, tarikh islam dan bagi yang berhalangan serta non muslim melakukan kegiatan TDBA”, urai Neneng.

Dan untuk Tadarus, Neneng mengatakan jika setiap hari khatam Al- Qur’an 30 juz.

“Untuk Tadarus kita khatam setiap hari, 28 juz dibaca oleh para murid dan 2 juz di baca oleh para guru”. Pungkas Neneng.

Baca Juga :  Pj Gubsu bersama DPRD Sumut Setujui Penetapan dua Ranperda Menjadi Perda

Kegiatan masantren disakolah yang telah secara resmi dibuka oleh kepala dinas pendidikan kabupaten Purwakarta, DR. Purwanto pada Senin (3/4) untuk semua sekolah SD- SMP sampai dengan tanggal 14 disekolah masing-masing. (MDI/Red)

Sumber : Nurdin Cahyadi S.Kom
(( disdik.Purwakartakab.go.id ))
Pewarta : Amir Margandi
Editor : Bang Zem Tujuhsatu.com

Berita Terkait

Back to top button
Don`t copy text!