Hukum & Kriminal

Ketua DPD SPRI Propinsi Sumut Burju Simatupang ST.SH.Lakukan Pendampingan Driver Ojol Korban Penipuan Dan Penggelapan

Medan – Merasa telah menjadi korban penipuan dan penggelapan sebagaimana yang diatur dalam pasal 378 dan 372 KUHP, Jhonny  Ginting (55) warga Jl.Bunga Kenanga II No.2 G Lingk.XVII Padang Bulan Selayang II Kecamatan Medan Selayang membuat laporan polisi ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumatera Utara Jl. Sisingamangaraja Km 10,5 Medan.

Kepada wartawan,dijelaskan Jhonny Ginting yang kesehariannya adalah seorang driver Ojol, pada tanggal 22 Desember 2022  jhonny ada membeli sebidang tanah yang terletak di Dusun II Desa Marendal II Kec.Patumbak Kab.Deli Serdang dengan ukuran lebar 8 meter dan panjang 20 meter milik Erlina (61) warga Dusun IV Kampung Tanjung Desa Limau Mungkur Kec.STM Hilir Kab.Deli Serdang.Yang telah dilegalisasi oleh Notaris Thomas Tarigan 1907/ PTTSDBT / X / 2020.

Baca Juga :  Pencurian Sawit Marak, Warga Mohon Perlindungan Kapolda Sumut

Setelah terjadi kesepakan harga dan setelah melakukan pengukuran tanah uang panjar dibayarkan kepada Sari Dewi Nasution (33) yang merupakan anak dari Erlina warga Jl.Bersama No.130 A Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung,dengan ukuran lebar 8 x panjang 20 Meter seharga Rp 65.OOO.OOO,- dengan dua kali pembayaran.

“Pembayaran pertama sebagai uang panjar Rp 1O.OOO.OOO,- yang dibayarkan pada tanggal 17 Desember 2022. Dan pembayaran kedua Rp 55.OOO.OOO,- melalui transfer bank BRI unit Padang Bulan pada tanggal 22 Desember 2022 sebagai pelunasan.Pembayaran pelunasan pembelian tanah dihadapan Notaris Thomas Tarigan,SH,M.Kn beber Jhonny Ginting.

Masih menurutnya, setelah melakukan pembayaran,tepatnya pada bulan Mei 2023 Jhonny Ginting bermaksud ingin mendirikan bangunan rumah di atas lahan yang dibelinya.
Namun alangkah terkejutnya Jhonny Ginting melihat di atas tanah miliknya sudah dibangun rumah oleh seseorang.

Baca Juga :  Masyarakat Geruduk Lapak Judi, Polres Belawan Dan Polda Sumut Terkesan Tutup Mata

“Melihat hal tersebut,saya mencoba bertanya kepada pemilik rumah soal surat kepemilikan tanah,namun dijawab pemilik rumah, mereka memiliki surat kepemilikan hak atas tanah,namun tidak bisa menunjukan surat atas tanah tersebut”sambungnya.

Sementara itu,Ketua Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara Burju Simatupang,ST,SH atas dasar kepedulian terhadap masyarakat yang terzolimi melakukan pendampingan terhadap Jhonny Ginting dengan membuat pelaporan ke kepolisian.

“Kami dari Lembaga Serikat Pers Republik Indonesia Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara sengaja melakukan pendampingan terhadap korban membuat laporan ke kepolisian atas dasar kepedulian dan keprihatinan”sebut Burju Simatupang usai melakukan pendampingan di SPKT Polda Sumut,Senin (12/6) siang.

Baca Juga :  Judi Tembak Ikan dan Mesin Slot Bebas Beroperasi di Wilayah Hukum Polsek Medan Sunggal

Kami akan terus menggiring kasus ini sampai benar-benar tindak pidana yang dilakukan pelaku,mengingat pelaku sudah tiga kali melakukan tindak pidana dengan kasus yang sama sesuai catatan laporan masyarakat di SPKT Polda Sumut,sambung Burju.

Diakhir penyampaian Burju menegaskan bahwasanya SPRI DPD Sumut akan terus melakukan pendampingan terhadap masyarakat yang terzolimi demi memperjuangkan hak hukumnya. Harapannya kepada Aparat Penegak Hukum,( HPH ) dapat segera  menindak lanjuti setiap laporan masyarakat secara profesional, tandasya. *(Rizky Zulianda)*

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!