TNI - POLRI

Hadiri Diskusi, Kasiter Kasrem 043/Gatam Sampaikan Materi Pada Mahasiswa IIB Darmajaya Lampung

Lampung,Tujuhsatu.com – Bertempat di Gedung Aula Rektorat Lantai 3 IIB Darmajaya Lampung. Jl. ZA. Pagar Alam Gedong Meneng, Bandar Lampung, Kasiter Kasrem 043/Gatam hadiri diskusi tentang Infrastruktur dan keamanan Lampung, yang diselenggarakan Kampus IIB Darmajaya Lampung. Senin (26/6/2023).

Kegiatan diskusi dipandu Presiden BEM Dharma Jaya sdr. Ryan Fadila, dengan tema Perubahan Dan Dinamika Masyarakat Menuju Lampung Berjaya, dan dihadiri Rektor 3 IIB Darma Jaya Muprihab Toib S. Sos. M.M, Kasubdit Kamsus Dit Intelkam Polda Lampung AKBP Sigit Hindaryanto,.SH.,MH, Plh Kabid Bina Konstruksi Pemprov Lampung M. Ali Hanafiah, dan Kepala Bapeda Pemprov Lampung Ir. Ahmad Lianurzain MT.

Baca Juga :  Puluhan Anggota Polres Purwakarta Dapat Kenaikan Pangkat di Hari Bhayangkara ke-77

Selaku Pemateri Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi, S.H., M.H. yang menyampaikan materi, “Perubahan Dan Dinamika Masyarakat Menuju Lampung Berjaya “, adapun yang dimaksud dengan perubahan yakni, proses yang wajar dan alamiah sehingga segala sesuatu yang ada di dunia ini akan selalu berubah. Perubahan akan mencakup suatu sistem sosial dalam bentuk organisasi sosial yang ada di masyarakat.

“ Suatu perubahan bisa terjadi karena ada faktor yang mendorongnya untuk menjadi kenyataan, perubahan tidak bisa berjalan dengan sendirinya, oleh karena itu ada beberapa faktor yang menjadi pendorong sebuah perubahan ada berbagai macam, yang pertama orientasi ke masa depan penduduk yang heterogen, sistem masyarakat yang terbuka, sistem pendidikan formal, yang berikutnya faktor yang menghambat terjadinya suatu perubahan adalah satu perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat, “

Baca Juga :  Ketua DPD SPRI Sumut Minta Kapolres Binjai Segera Tuntaskan Kasus Pengerusakan Tanaman

“ Pada masyarakat tradisional, perubahan belum tentu berdampak baik jika kurangnya hubungan antar masyarakat, yang berikutnya perubahan dan dinamika yang terjadi di masyarakat dapat berupa perubahan nilai-nilai sosial norma-norma yang berlaku di masyarakat, pola-pola perilaku individu dan organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan maupun kelas-kelas dalam masyarakat kekuasaan wewenang interaksi sosial dan sebagainya, “jelasnya.

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan dinamika perubahan masyarakat dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain, yang Pertama, Penyebaran informasi, yang Kedua, Model, yang Ketiga Teknologi, yang Keempat ideology dan yang Kelima adalah Birokrasi

Baca Juga :  Sinergitas TNI dan Polri, Dandim 0619/Purwakarta Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lodaya 2023

“ Setiap masyarakat yang berada di dalamnya generasi bangsa atau siswa harus mempunyai kesadaran dan tanggung jawab terhadap hak dirinya sendiri dan kewajiban kepada masyarakat bangsa dan Negara, dapat menjaga, memelihara dan melestarikan serta mempertahankan identitas bangsa di tengah perubahan dan dinamika masyarakat sosial, yang mempengaruhi kearifan lokal serta menerima perubahan yang dapat mendorong kemajuan masa depan demi terwujudnya Lampung berjaya, “punkasnya.(HMS)(***).

Berita Terkait

Back to top button
Don`t copy text!