TNI - POLRI

Begini Upaya Kapolres Purwakarta Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Dan Geng Motor

Klik Untuk Mendengarkan Berita

PURWAKARTA – Tujuhsatu.com – Sebagai upaya mengatasi kenakalan remaja dan geng motor, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain lakukan pembinaan generasi muda Purwakarta melalui sepakbola.

Dalam pembinaan tersebut, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat berkolaborasi dengan akademi pembinaan sepak bola (ASAD Purwakarta FC) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, melalui kegiatan olahraga dalam hal ini sepak bola merupakan pendekatan dengan cara preventif untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja dan geng motor.

“Dari sepakbola bisa mengajarkan anak-anak dalam hal kerja keras, disiplin dan sportifitas. Selain itu juga mengajarkan semangat kerja keras, mengajarkan kekompakan tim, sepakbola mengajarkan tidak boleh curang, sepakbola mengajarkan kita mengejar cita-cita,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Baca Juga :  Hadiri Rakerda RAPI Daerah 08 Provinsi Lampung Kasiter Kasrem 043/Gatam Berharap Kegiatan Dapat Dilaksanakan Secara Demokratis

Kapolres menilai, dengan olahraga seperti sepakbola ini, anak akan memiliki tubuh yang sehat. Di dalam tubuh yang sehat, akan terdapat pula jiwa yang kuat sehingga akan tercipta anak-anak yang sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, Kata Edwar, anak akan memiliki rutinitas yang jelas dan terjadwal, mereka akan pergi untuk berlatih sesuai dengan jadwalnya dan setelah selesai berlatih, yang pada akhirnya akan mengurangi waktu senggang mereka dengan melakukan hal-hal yang kurang berguna.

Baca Juga :  Patroli Gabungan Sat Samapta Polres Langkat, Dishub, dan Satpol PP Kabupaten Langkat Patroli Asmara Subuh di Hari ke-10 Ramadan

“Dengan demikian, secara tidak langsung anak akan dituntut untuk mempunyai pola hidup yang sehat. Sehingga mereka akan mengatur sendiri makan dan istirahat yang cukup serta teratur,” ucapnya.

Dengan olahraga, tambah Edwar, anak-anak di didik untuk bisa memiliki jiwa pemimpin, mempunyai sikap jujur, mempunyai sikap disiplin, tenggang rasa, bertanggung jawab, bekerja sama dan menghargai orang lain serta nilai-nilai baik lainnya.

“Melalui olahraga sepakbola ini, anak-anak di tuntut untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, meraih kemenangan dengan cara yang baik dan menerima kekalahan dengan lapang dada,” jelas pria yang terkenal murah senyum itu.

Kapolres berharap agar ke depan persepakbolaan di Kabupaten Purwakarta mampu bersaing di kancah nasional. Bahkan ia bermimpi suatu saat ada pemain yang mampu menjadi pemain tim nasional.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Hadiri Upacara Hari Bhayangkara Ke - 77 Tahun 2023

“Ini sekarang sudah terlihat bibitnya. Tinggal diasah lebih lagi. Memang tidak mudah mengerjakannya. Tapi dengan komitmen bersama terutama dari Askab PSSI Kabupaten Purwakarta, semoga semua harapan bisa terwujud,” pungkas Edwar.

Purwakarta, Rabu, 30 Agustus 2023

Artikel Terkait

Back to top button
Don`t copy text!